Selasa, 27 Mei 2014

Bentuk Asli Malaikat Jibril

BENTUK ASLI MALAIKAT JIBRIL YANG DIPERLIHATKAN KEPADA RASULULLAH

Malaikat Jibril adalah malaikat yang paling mulia yang diberikan tugas oleh Allah menyampaikan wahyu kepada para Nabi, akan tetapi Malaikat Jibril belum pernah menampakkan bentuk aslinya kepada Nabi sebelumya kecuali kepada Baginda Rasulullah shalallahu alaihi wassalam.

Dalam kitab tafsir Showi' halaman 176 jilid 4:
"Maka Malaikat Jibril menampakan diri (aslinya) dua kali. 1 kali dibumi (wahyu pertama) dan 1 kali di langit (Isra Miraj). Dan belum melihat satu pun dari Para Nabi kepada Malaikat Jibril dalam bentuk sebagaimana ia diciptakan kecuali Nabi kita Muhammad shalallahu alaihi wassalam."

Ketika Malaikat Jibril menampakan diri (pertama kali) yang tingginya telah ada di ufuk (melewati batas penglihatan). Maka bertanya Rasulullah shalallahu alaihi wassalam, "Wahai Jibril aku tidak mengira bahwa Allah menciptakan makhluk (yang sangat besar) seperti bentukmu ini."

Malaikat Jibril menjawab: "Wahai Muhammad, sesungguhnya aku (hanya) telah membentangkan dua sayap. Sesungguhnya aku memiliki 600 sayap, yang ukuran setiap sayapnya seluas antara timur dan barat."

Rasulullah shalallahu alaihi wassalam berkata: "Sesungguhnya penciptaanmu sangat besar."

Malaikat Jibril berkata: "Dan tidaklah aku disamping ciptaan-ciptaan Allah hanyalah sesuatu yang kecil. Dan Allah telah menciptakan Israfil, dia lebih besar dan memiliki 600 sayap, dan setiap sayapnya seukuran seluruh sayapku. Sesungguhnya dia melipat sayapnya karena takut kepada Allah, sampai-sampai dia melipatnya sekecil mungkin."

Lihatlah para malaikat yang takut kepada Allah dan lihatlah Malaikat Jibril yang selalu menemani utusan Allah yang terakhir dan kekasihnya, Rasulullah shalallahu alaihi wasalam, sehingga bentuk dirinyapun tidak diperlihatkan kepada siapapun, kecuali kepada sang kekasih yaitu Rasulullah, sampai-sampai ketika Rasululah wafat, malaikat Jibril memalingkan wajahnya, dan Rasul bertanya kepada Jibril: "Wahai saudaraku, kenapa engkau memalingkan wajahmu?"

Jibril menjawab: "Karena aku tidak kuat dan tidak tega melihat engkau dalam sakaratul maut."
Subhanallah, Allahu Akbar.

Rumah Rasulullah SAW