Rabu, 21 Mei 2014

BeRsiKap PoSiTif

BERIKAP POSITIF

Mari kita membahas manfaat apa yang sebenarnya dapat diraih dari bersikap positif? Mula-mula kita akan lihat bagaimana sikap positif memberikan manfaat bagi diri sendiri, kemudian bagi orang-orang yang berhubungan dengan kita.

1. Manfaat bagi Diri Anda Sendiri

a. Anda akan menjadi seorang yang lebih efektif. Mari kita lihat kembali bab pendahuluan mengenai berbagai kecakapan manajerial yang seharusnya dimiliki, meliputi: kecakapan berkomunikasi, mengelola waktu, memotivasi, membuat rencana, mendelegasikan wewenang, kepemimpinan, membuat keputusan, negosiasi, dan masih banyak hal lain. Dengan bersikap positif maka anda dapat melakukan semua kecakapanitu dengan lebih efektif.

b. Anda akan nyaman dengan diri anda sendiri. Sikap positif akan member rasa nyaman bagi diri anda. Bersikap positif berarti mengetahui ke arah mana anda sedang menuju dalam pekerjaan anda. dengan demikian anda akan melakukan hal-hal yang diperlukan untuk sampai ke tujuan dengan cara yang paling mudah. Sikap positif meningkatkan penghargaan diri anda. Ini akan membuat anda semakin percaya pada diri anda sendiri serta kepada kecakapan manajemen anda. Pada gilirannya akan mempermudah anda untuk mendekati masalah-masalah yang ada dengan sikap yang positif.

c. Prospek karier anda akan meningkat. Barangkali anda tidak terlalu dipusingkan dan merasa bahagian dengan posisi anda sekarang. Itu tak apa. Peningkatan karier adalah konsekuensi dari sikap-sikap positif anda dalam pekerjaan. Karier selalu dikaitkan dengan kinerja. Bila kinerja anda membaik maka prospek karier anda tentu semakin cerah.

2. Manfaat bagi Mereka yang Anda Kelola

a. Mereka akan giat bekerja bagi manajer dan pemimpin yang baik. Ada baiknya anda menyusun daftar sifat-sifta orang yang anda sukai sebagai pemimpin. Misal, tulus, rasa hormat dan lain-lain. Semua itu terjalin dalam sikap positif. Orang lebih menyukai bekerja pada pemimpin yang baik daripada yang sebaliknya.

b. Mereka akan bekerja lebih efektif dalam suatu tim kerja. Bila anda senantiasa berorientasi pada tim maka orang-orang anda akan terdorong lebih mudah untuk bekerja dalam suatu tim pula.
c. Mereka akan lebih termotivasi. Sikap positif akan mempengaruhi motivasi anda dan pada gilirannya akan mempengaruhi motivasi orang-orang yang anda kelola.

d. Mereka akan mempunyai panutan (teladan). Kita mengenal pola kepemimpinan dengan contoh (teladan). Orang-orang anda akan lebih mudah menemukan panutan bagi mereka untuk menentukan berbagai sikap dalam pekerjaannya. Dan contoh itu adalah anda sendiri.

3. Manfaat bagi Mereka yang Mengelola Anda

a. Para manajer atau atasan anda akan dapat mengandalkan anda untuk menyelesaikan sesuatu hal dalam hubungannya dengan kebijakan perusahaan atau organisasi.
b. Kualitas dan efisiensi dari pelayanan dan hasil yang merupakan tanggung jawab mereka akanb meningkat.

c. Masalah-masalah yang harus diselesaikan menjadi berkurang. Hal ini akan memberikan lebih banyak waktu bagi pengembangan proaktif dan konstruktif bukannya keterbatasan yang destruktif dan reaktif.

d. Sasaran-sasaran organisasi lebih besar kemungkinannya untuk dicapai. Sikap positif yang ditunjukkan oleh anda dan orang-orang akan membentuk iklim positif bagi seluruh organisasi.

e. Manajemen menjadi manajemen berdasarkan kualitas, bukan sekedar manajemen berdasarkan pengawasan.

4. Manfaat bagi Klien dan Pelanggan

Tentu sikap positif akan memberikan pengaruh bagi perbaikan banyak hal yang pada ujungnya akan memperbaiki hubungan anda dengan klien dan pelanggan. Ini berarti membuka peluang dan tantangan-tantangan baru, yang meliputi efisien yang lebih tinggi, pelayanan yang lebih baik, kualitas yang lebih baik dan kepercayaan yang lebih besar.

Bukan hanya itu, barangkali ada banyak orang di luar sana yang memiliki kepentingan pada perusahaan anda. Maka, sudah jelas bahwa suatu lembaga yang bersih akan lebih mudah untuk melangkah dan menepis isu-isu yang tidak perlu.

Daftar ini dapat diperpanjang sampai hampir-hampir tak terbatas. Namun, sekali lagi itu hanya dapat dicapai bila kita senantiasa bersikap positif