Mari kita membahas manfaat apa yang sebenarnya dapat
diraih dari bersikap positif? Mula-mula kita akan lihat bagaimana sikap positif
memberikan manfaat bagi diri sendiri, kemudian bagi orang-orang yang
berhubungan dengan kita.
1. Manfaat bagi Diri Anda Sendiri
a. Anda akan menjadi seorang yang lebih efektif. Mari
kita lihat kembali bab pendahuluan mengenai berbagai kecakapan manajerial yang
seharusnya dimiliki, meliputi: kecakapan berkomunikasi, mengelola waktu,
memotivasi, membuat rencana, mendelegasikan wewenang, kepemimpinan, membuat
keputusan, negosiasi, dan masih banyak hal lain. Dengan bersikap positif maka
anda dapat melakukan semua kecakapanitu dengan lebih efektif.
b. Anda akan nyaman dengan diri anda sendiri. Sikap
positif akan member rasa nyaman bagi diri anda. Bersikap positif berarti
mengetahui ke arah mana anda sedang menuju dalam pekerjaan anda. dengan
demikian anda akan melakukan hal-hal yang diperlukan untuk sampai ke tujuan
dengan cara yang paling mudah. Sikap positif meningkatkan penghargaan diri
anda. Ini akan membuat anda semakin percaya pada diri anda sendiri serta kepada
kecakapan manajemen anda. Pada gilirannya akan mempermudah anda untuk mendekati
masalah-masalah yang ada dengan sikap yang positif.
c. Prospek karier anda akan meningkat. Barangkali anda
tidak terlalu dipusingkan dan merasa bahagian dengan posisi anda sekarang. Itu
tak apa. Peningkatan karier adalah konsekuensi dari sikap-sikap positif anda
dalam pekerjaan. Karier selalu dikaitkan dengan kinerja. Bila kinerja anda
membaik maka prospek karier anda tentu semakin cerah.
2. Manfaat bagi Mereka yang Anda Kelola
a. Mereka akan giat bekerja bagi manajer dan pemimpin
yang baik. Ada baiknya anda menyusun daftar sifat-sifta orang yang anda sukai
sebagai pemimpin. Misal, tulus, rasa hormat dan lain-lain. Semua itu terjalin
dalam sikap positif. Orang lebih menyukai bekerja pada pemimpin yang baik
daripada yang sebaliknya.
b. Mereka akan bekerja lebih efektif dalam suatu tim
kerja. Bila anda senantiasa berorientasi pada tim maka orang-orang anda akan
terdorong lebih mudah untuk bekerja dalam suatu tim pula.
c. Mereka akan lebih termotivasi. Sikap positif akan
mempengaruhi motivasi anda dan pada gilirannya akan mempengaruhi motivasi
orang-orang yang anda kelola.
d. Mereka akan mempunyai panutan (teladan). Kita mengenal
pola kepemimpinan dengan contoh (teladan). Orang-orang anda akan lebih mudah
menemukan panutan bagi mereka untuk menentukan berbagai sikap dalam
pekerjaannya. Dan contoh itu adalah anda sendiri.
3. Manfaat bagi Mereka yang Mengelola Anda
a. Para manajer atau atasan anda akan dapat mengandalkan
anda untuk menyelesaikan sesuatu hal dalam hubungannya dengan kebijakan
perusahaan atau organisasi.
b. Kualitas dan efisiensi dari pelayanan dan hasil yang
merupakan tanggung jawab mereka akanb meningkat.
c. Masalah-masalah yang harus diselesaikan menjadi
berkurang. Hal ini akan memberikan lebih banyak waktu bagi pengembangan
proaktif dan konstruktif bukannya keterbatasan yang destruktif dan reaktif.
d. Sasaran-sasaran organisasi lebih besar kemungkinannya
untuk dicapai. Sikap positif yang ditunjukkan oleh anda dan orang-orang akan
membentuk iklim positif bagi seluruh organisasi.
e. Manajemen menjadi manajemen berdasarkan kualitas,
bukan sekedar manajemen berdasarkan pengawasan.
4. Manfaat bagi Klien dan Pelanggan
Bukan hanya itu, barangkali ada banyak orang di luar sana
yang memiliki kepentingan pada perusahaan anda. Maka, sudah jelas bahwa suatu
lembaga yang bersih akan lebih mudah untuk melangkah dan menepis isu-isu yang
tidak perlu.
<< Beranda